Diposting oleh
@ Rusma_Site
, Sabtu, 08 Januari 2011 at 10.29, in
Label:foto
Ukuran Islam
Aku pernah bertanya pada seseorang yang q anggap lebih tahu dariku.., “kenapa tingkat kepintaran se2orang dilihat dari segi nilai yang dapat dicapainya…?? Sehingga banyak yang sedih jika nilainya rendah dari yang lain..,sedang mereka juga sudah berusaha..”
Kata beliau, “sebenarnya itu MOTIVASI nak..” Tapi aku menyangkal lagi.., “bukankah sebagian kecil orang masih ada yang belum termotivasi dengan itu.., bahkan dia menjadi takut dengan yang namanya pertempuran, mungkin juga dia tidak suka dengan persaingan..smangat berperangnya down,,, Sedangkan yang senang bersaing, dia jadi malas untuk berbagi ilmu karena takut tingkat kepintarannya tersaingi..,bahkan dia senang jika nilainya jauh lebih tinggi dari yang lain.. Yang aku takutkan, Rasulullah pernah bersabda: Bergembiralah dan berharaplah agar mendapatkan sesuatu yang menyenangkan kamu sekalian. Demi Allah, bukan kefakiran yang aku khawatirkan terhadap kalian, tetapi yang aku khawatirkan adalah jika kekayaan dunia dilimpahkan kepada kalian sebagaimana telah dilimpahkan kepada orang-orang sebelum kalian, kemudian kalian akan berlomba-lomba mendapatkannya sebagaimana mereka berlomba-lomba dan akhirnya dunia itu membinasakan kalian sebagaimana ia telah membinasakan mereka. (Shahih Muslim No.5261)”
Kata beliau lagi..“Iya…sebenarnya itu adalah sebuah motivasi, agar brlomba-lomba dalam kebaikan..,agar mereka lebih giat belajar..,tapi hablumminannasnya tetap terjaga.. Namun ternyata terbukti lagi, bahwa belum tentu yang dianggap manusia benar itu adalah benar dan sebaliknya. Sedangkan rencana manusia juga belum tentu sama dengan rencana Allah…semua benar2 akibat dari perbuatan manusia itu sendiri, manusia yang satunya, atau yang satunya lagi… Hingga berbagai cara dilakukan agar nilainya tinggi serta dinobatkan menjadi orang yang pintar, oleh MANUSIA…sekali lagi, Manusia…
Mereka terkecoh…anak2 itu tersugesti, kecuali yang betul2 berusaha agar nilainya tinggi, namun dia juga senang kalau nilai kawan2nya tinggi seperti yang diraihnya. Padahal waktu di Taman Kanak2, dia pernah menghafal 10 malaikat dengan tugas2nya, tapi mungkin anak2 zaman sekarang sudah lupa dengan masa lalunya yang mereka anggap kampungan itu, Mereka lupa bahwa : Malaikat Jibril sampai sekarang belum pernah menyampaikan wahyu yang berisikan pernyataan tentang orang yang mendapat nilai rendah dari suatu tes/ujian yang berhubungan dengan dunia itu akan dibenci Allah…tidak pernah..
Malaikat Mikail juga tidak pernah bilang kalo dia tidak akan ngasih rezeki sama orang yang punya nilai ujian di bawah rata2..
Malaikat Israfil yang hanya tahu tentang peniupan sangkakala.. Apalagi Malaikat Izrail yang ga pilih2 mencabut nyawa, umur tidak berbau…
Malaikat Rakib & Atid juga hanya mencatat nilai usaha, do’a yang sungguh2, serta keyakinan kita dalam berharap pada Allah..setelah itu Wallahu’alam..,pastinya mereka tidak akan kecewa jika kita hanya tidak bias menjawab soal tersebut.., Di alam kubur kelak, Malaikat Munkar dan Nankir juga tidak akan buang2 waktu untuk menanyakan nilai ujian tengah ataupun akhir semester… Dan pastinya, ana berani menjamin bahwa Malaikat Malik dan Riduan memperbolehkan atau tidaknya seseorang masuk kedalam dua tempat yang mereka jaga sama sekali bukan dengan mempertimbangkan nilai ujian waktu kita sekolah di dunia..Wallahu’alam bisshawab..”
karena aku memang cerewat,, ku Tanya lagi.. “Bukankah wajar jika kami bersedih bila seandainya nilai kami lebih rendah dari yang lainnya…? Bukan sedih karena takut diolok-olok atau di hina..dan insyaAllah tidak ada kawan2 yg demikian tega, tapi takut mengecewakan orang tua…”
Denngan senyum beliau menjawab, “Salah seorang sahabat saya pernah bilang, katanya sahabatnya pernah cerita bahwa untuk mengetahui perbuatan kita itu jelek atau buruk, cukuplah perbuatan kita itu diketahui oleh orang tua kita, lalu mereka tidak senang melihatnya.. Darimaka itu…yang penting kita usaha untuk mendapat yang terbaik, pakai usaha maksimal, kalo mau ujian besok ya…jangan Cuma malam ini saja usahanya…karena jangankan siswa, guru yang handal saja…walaupun sudah lihai, dia tetap kudu latihan lagi untuk memantapkan strategi mengajarnya…
Kalo sudah do’a khusyu, ikhtiar tingkat tinggi…kemudian mengerjakan soal2 ujian dengan cara yang benar…Apalah lagi yang seharusnya diperbuat seorang muslim selain berpasrah diri pada yang Maha Kuasa.
Islam itu agama yang menentramkan…rugi kalau kita tak faham dengan itu,,, Kita ini punya Allah…pastilah Dia akan selalu memberikan yang terbaik untuk kita.. Tidak ada daya upaya kita selain dengan pertolongan Allah, sedangkan Dialah yang lebih tahu tentang apa yang terbaik untuk kita,,,
Kurang apa lagi informasi dari Allah agar membuat hati kita tenang dan senang? Kurang apalagi kasih saying Allah sampai kita sering enggan untuk sabar dan syukur?? Ana rasa kita lah yang kurang ajar…bingung buka primbon, sakit nyiapin sesajen, mau kaya kedukun..lalu buka Al-Qur’annya kapan? Baca Hadits taon depan…?? Atau ibadahnya pas ingat kuburan?? masa depan kita cerah atau tidak itu bukan hanya bergantung dari nilai ujian sebuah mata kuliah...rezeki sudah diatur, dan satu hal..tetap teruz ikhtiar dan jangan pernah berputus dari rahmat Allah..^,^
Pesan beliau : Jaga baik2 Hablumminallaah…dan jangan lupakan Hablumminannaas.. Maka insyaAllah kau akan mendapati kesuksesan dunia dan akhirat. mudah-mudahan..Amiiin_ya Rabb...
Saling mengingatkan yaa..“SmangaaaaaatttttTTTTZzzz !!!
Diposting oleh
@ Rusma_Site
, Rabu, 05 Januari 2011 at 22.45, in
Label:foto
Matematika
Sebagian besar tanggapan menyatakan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit untuk diajarkan maupun dipelajari. Karena untuk memepelajari matematika bukan hanya memerlukan tekhnik menghafal, namun juga memerlukan keuletan untuk banyak latihan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan pokok bahasan terkait yang sedang dipelajari.
Dan dewasa ini, sudah sangat Nampak / mencolok dan seringkali terlihat perbedaan yang sangat besar dalam pencapaian hasil belajar matematika di antara anak yang sama usianya. Sehingga dari kenyataan bahwa tingkat pencapaian dan kecepatan pembelajaran matematika dari siswa yang satu dengan siswa yang lainnya sangat berbeda-beda menimbulkan dua pernyataan yaitu:
ØJika laju pengajaran terlalu cepat, maka pemahaman tidak akan terbentuk
ØJika laju pengajaran terlalu lambat, maka siswaakan menjadi bosan
Perlu ditambahkan pula di sini, bahwa sejumlah orang berkeyakinan bahwa salah satu tujuan mempelajari matematika adalah untuk membantu mengembangkan cara berfikir yang teratur dan analitis. Luar biasa jika semua berfikir demikian hingga belajar dan mengajarkan matematika jadi kebutuhan untuk meningkatkan kedisiplinan dalam berfikir, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada saja yang berfikir bahwa belajar matematika itu membosankan dan tidak ada gunanya.
Oleh karena itu saya mengangkat judul“Strategi Mengajar Seorang Guru Matematika yang Handal dan Profesional”. Agar di sinilah kita sebagai mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Matematika supaya instropeksi diri, dan berusaha meningkatkan kualitas diri, agar bias menjadi pengajar matematika baik yang handal, profesional dan menyenangkan, serta bias menarik perhatian siswa agar mereka lebih semangat dan lebih merasa nyaman serta senang dalam belajar matematika.
Hingga saat ini, kata beberapa literature dan para ahli, tak ada cara terampuh yang dapat digunakan untuk mengajar matematika secara efektif. Cara apapun yang digunakan ada kelebihan dan ada kelemahannya. Yang saya maksud “cara mengajar” di sini bisa meliputi metodE/teknik mengajar atau pun pendekatan mengajar (lebih tepatnnya pembelajaran).
Berikutada beberapa bagian keprofesionalan seorang guru yang merupakan inti dari sebagian besar penyelesaian masalah metode pembelajaran matematika yang dianggap menakutkan dan membosankan, namun sebelumnya kita ingat dalm sebuah hadis bahwa
“Aku pernah mendengar Rosululloh shollallohu’alaihi wassalam bersabda: ’Sesungguhnya seluruh amal itu tergantung kepada niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan sesuai niatnya. ...........” (Diriwayatkan oleh dua imam ahli hadits; Abu Abdillah Muhammad bin Ismail bin Ibrohim bin Mughiroh bin Bardizbah Al-Bukhori dan Abul Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusairy An-Naisabury di dalam kedua kitab mereka yang merupakan kitab paling shahih diantara kitab-kitab hadits)[1].
Maka sebagai seorang guru yang baik, kita harus punya tujuan baik pula,
Tujuan pembelajaran matematika yang saya maksud, ada dua hal, yaitu :
1.Tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek pembelajaran matematika, sederhananya, adalah bahwa, siswa diaharapkan dapat memahami materi matematika yang dipelajarinya dan dapat menggunakannya pada pelajaran lain atau pada kehidupan (praktis) nyata dan bekal untuk jenjang pendidikan selanjutaitnya.
2.Sedangkan tujuan jangka panjang pembelajaran matematika, sederhananya, adalah bahwa siswa itu dapat mengambil “nilai-nilai matematika” dan mengaplikasikannya untuk kehidupan. Nilai-nilai matematika yang saya maksud meliputi: penalaran, kedisiplinan = ketaat-azas-an, kejujuran, kebertanggungjawaban, kesetiakawanan, keimananan, dsb.
Setidaknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tujuan pembelajaran matematika itu dapat tercapai.
Ada sebuah pendapat yang menyatakan bahwa secara umum, dalam mengajar, seorang guru yang professional pertama-tama harus menguasai dan paham materi pembelajaran, kemudian kreatif dalam konsep, serta menguasai media pembelajaran dan mampu mengelola kelas dengan baik.
1.Menguasai dan Paham Materi
Tentu saja seorang guru itu harus menguasai dan paham betul dengan materi pelajaran yang bersangkutan, karena tanpa itu bagaimana bias dia mengajarkan dan memahamkan suatu pembahasan dalam sebuah mata pelajaran kepada para siswanya. Karena tanpa itu, alur pembelajaranpun bias menjadi kacau.
Dengan demikian, penguasaan materi dan kemampuan menyampaikannya (ke orang lain) adalah syarat perlu untuk mampu mencapai tujuan pembelajaran matematika, tapi ingat ini belum cukup. Belum cukup menjamin bahwa tujuan pembelajaran matematika itu akan tercapai.
Namun, Seorang guru/pengajar yang pemahaman materinya dan penyampainnya bagus pun masih perlu belajar, memperkaya diri dengan banyak membaca, tak berpuas diri dengan kemampuan yang sudah dimiliki, dan tentunya perlu melakukan persiapan sebelum pembelajaran. Sehebat apapun seorang guru, bila mengajarnya tidak dipersiapkan, saya pesimis tujuan pembelajaran itu akan tercapai. Bagaimana dengan yang sudah berpengalaman? Ya, tanpa kecuali.
2.Kreatif dalam Konsep
Yang perlu diperhatikan oleh seorang guru/pengajar, yang akan mengajar matematika, adalah bahwa: siswa yang belajar matematika itu kemampuannya beragam. Ada yang cepat menangkap pelajaran, ada yang biasa saja, dan ada yang kurang cepat. Mereka semua, pastinya ingin bisa matematika yang mereka pelajari.
Seorang guru yang handal dan profesional juga harus kreatif dalam konsep, maksudnya, seorang guru harus pandai dalam situasi dan kondisi, faham betul dengan keadaan serta pintar dalam menyesuaikan keadaan tersebut dengan materi pelajaran yang akan dia ajarkan kepada siswanya. Sehingga dengan itu, para siswa akan lebih bersemangat dalam belajar, tingkat penerimaannya tinggi, dan mudah dalam memahami, serta mereka merasa senang dan nyaman dengan cara mengajar sang guru.
3.Menguasai Media Pembelajaran
Tentu saja tidak ada alasan bagi seorang guru yang cerdas dan professional untuk tidak mempelajari berbagai media pembelajaran yang akan jauh lebih besar tingkat penarikan perhatian siswa terhadap mata pelajaran yang akan diajarkannya, apalagi seorang anak sangat menyukai hal-hal yang baru. Misalnya dengan LCD (power point, movie maker), dengan alat peraga, table atau grafik elektronik dan lain-lain.
4.Mampu Mengelola Kelas dengan Baik
Seorang guru yang bijak dan professional faham betul bagaimana anak didiknya. Dia faham betul bagaimana memposisikan diri, hingga wibawanya muncul di hadapan anak-anak didiknya. Guru yang mampu mengelola kelas dengan baik adalah seorang guru yang mampu membuat dirinya sebagai objek perhatian para siswa dalam kelas tersebut. Bukan karena menakutkan atau aneh dari yang lain, namun karena telah handal dalam ketiga langkah sebelumnya yaitu menguasai dan paham materi pembelajaran, kreatif dalam konsep, serta menguasai media pembelajaran, hingga dengan itu ia manfaatkan peluang agar mampu mengelola kelas dengan baik. Dengan itu, tidak akan ada siswa yang mengantuk saat kegiatan pembelajaran berlangsung, apalagi melamun dan berbicara diluar dari materi pembelajaran, apalagi bercanda sendiri (forum di dalam forum). insyaAllah tidak akan terjadi. Wallahu’alam..
Dan satu hal yang selalu harus kita ingat, bahwa segala sesuatu itu memang tergantung pada niat, namun tidak semua proses sesuai dengan niat, oleh karena itu perlu kita ingat sebuah pepatah mengatakan bahwa “segala sesuatu yang berasal dari hati, insyaAllah akan sampai ke hati. Dan segala sesuatu yang hanya berasal dari mulut saja, maka sesuatu itu juga hanya akan masuk ke telinga kanan namun kemudian akan keluar lagi melalui telinga kiri..”. wallahu’alam bisshawab. Maka dari itu sebagai seorang guru penting juga bagi kita untuk memperhatikan hal yang demikian agar kita ikhlas dalam setiap ucapan, nasehat, serta bimbingan kita terhadap semua anak didik kita. Agar mereka juga bias menerima dan memahami dengan baik dengan setiap apa yang kita sampaikan, baik itu tentang pelajaran matematikanya, maupun pelajaran-pelajaran hidup yang bagus untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari Amiiin…
Sebagai guru yang professional, kita bias menyampaikan materi sambil berselang seling denganbercerita tentang hal-hal yang ada manfaat pastinya, misalnya seperti;
Matematika adalah ilmu yang mengatur semua aspek yang ada dibumi dan dilagit. Untuk menciptakan jagat raya ini Allah menggunakan matematika. Untuk mengatur untaian bintang di langit Allah menggunakan matematika. Untuk mengatur planet-planet di angkasa ini Allah menggunakan matematika.Untuk menciptakan mahluk-mahluk Allah menggunakan matematika. Untuk menciptakan manusia dengan segala aspeknya Allah menggunakan matematika. Untuk menciptakan elektron,proton dan bagian-bagiannya Allah menggunakan matematika. Untuk hidup sehari-hari kita semuanya menggunakan matematika. Kalau matematika digunakan untuk berbuat jahat,maka itu pastidapat balasan dari Allah,tetapi kalau matematika ini dipakai untuk kebaikan maka kita semua kita pasti akan dapat pahala.
Konsep matematika dari TK sampai dengan universitas sebenarnya hanya pertambahan,pengurangan,perkalian dan pembagian. Jadi untuk mengajar matematika supaya anak-anak mengerti terlebih dahulu pelajari dulu konsep-konsep dasarnya itu,tentunya anak-anak harus diberikan latihan sebanyak-banyaknya dan harus serius mengerjakannya,jangan malas.
Sebab jika belajar matematika malas,maka pasti tidak akan bisa dan tidak akan menguasai matematika itu dengan baik. Sebagai guru yang professional kita juga mesti sensitive dengan anak didik kita, guru harus tahu keadaan siswanya, apakah dia sedang bosan? Ataukah dia sedang malas? Dan lain sebagainya.
Ada beberapa sifat yang juga harus dikuasai oleh “saya” sebagai seorang guru yang professional, yaitu mengevaluasi diri seperti :
1.Saya harus jujur
Jujur mendengarkan suara hati saya dan suara hati mereka. Jujur bahwa saya tidak bisa menjawab semua pertanyaan dan harapan mereka. Jujur bahwa saya memiliki keterbatasan. Jujur bahwa saya sangat mencintai mereka dan ingin mereka berhasil. Jujur untuk mengatakan semua isi hati saya kepada mereka. Dengan itu mereka ada di hati saya, demikian sebaliknya. Insya Allah.
2.Saya harus sabar
Sabar dengan apa yang saya miliki. Sabar mendengarkan keluh kesah mereka. Sabar mendengarkan harapan-harapan mereka. Sabar dengan perilaku mereka. Sabar dengan capaian akademik mereka saat ini. Ya, tidak semuanya seperti yang saya harapkan. Tidak semua harapa saya terjadi saat itu juga. Itulah pendidikan, kadang hasilnya baru kentara setelah karun waktu yang cukup lama. Sabar tiada batas.
3. Saya harus tegar
Sejauh urusan siswa, saya harus tegar menghadapi semua hambatan. Hambatan datang dari segala arah, temasuk dari pimpinan saya, teman saya, keluarga saya dan keluarga mereka. Sesungguhnya, kadang masalahnya hanya pada kemampuan berkomunikasi saja. Tetapi, di hadapan mereka, memang saya harus benar-benar tegar, dapat diandalkan.
4. Saya harus mau belajar
Ya belajar apa saja yang bermanfaat bagi semua. Kemampuan mengajar saya dulu didapat dari FKIP, sungguh sangat terbatas dan cukup untuk meghadapi dunia masa kini. Maka saya belajar, membaca, bertanya atau berdiskusi denga teman sejawat atau dengan siapa saja, bahkan dengan siswa.
5. Saya harus berdoa untuk kemajuan siswa
Saya pernah bertanya kepada teman-teman guru, kapan terakhir berdoa untuk siswa? Berdoa secara khusus untuk siswa saya, ternyata lebih mendekatkan saya kepada mereka. Dan hati saya menjadi plong.
6. Saya tetap manusia
Demikian juga dengan siswa saya, punya rasa, punya mata punya telinga……
7. Saya harus minta maaf
Maafkan saya, ya Allah. Maafkan saya, wahai para siswa. Karena bagaimanapun juga, sengaja atau tidak, pastinya saya pernah berbuat salah.
Sekali lagi saya tegaskan, berdasarkan literature dan pendapat para ahli, tak ada cara mengajar matematika terbaik/terampuh. Dengan demikian, sederhanya seperti ini. Jadi di sini tugas kita adalah untuk menciptakan agar anak-anak itu senang belajar matematika,berikan anak-anak kepercayaan dan tanggung jawab untuk bisa menyelesaikan soal dengan baik.jadi strategi dan metode mengajar harus terus dikembangkan,sehingga dapat ditemukan hal-hal yang baru.
Demikian strategi mengajar seorang guru yang handal dan professional(menurut saya dan menurut buku-buku serta situs-situs di internet yang sependapat) yang tidak tersusun dengan baik, namun insyaAllah setidaknya barangsiapa yang mau mencoba hal-hal yang saya jelaskan seperti di atas, dan kemudian sebagian besar siswa-siswinya menjadi senang dan punya pemahan banyak tentang matematika dengan keadaan baik dan penerimaan yang ikhlas, maka dialah seorang guru yang handal dan profesionalitu. InsyaAllah..
Diposting oleh
@ Rusma_Site
, Jumat, 26 Februari 2010 at 21.49, in
Label:foto
Tipe Manusia
1.Manusia Super Update Kapanpun dan dimanapun update status. Biasanya Status ga panjang2 amat..kebanyakan hal2 yang ga terlalu penting juga dipublikasikan contoh : “Lagi tidur..”(tidur kok bisa update…:), “Lagi makan di restoran A..”, “Dalam perjalanan menuju neraka..”, “Saatnya baca koran..”, dsb..
2.Manusia Melankolis Biasanya dia curhat di status. Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman2nya atau hanya sekedar menuangkan unek2nya ke facebook, tapi biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yg terbaik kepada yang laen.. contoh : “Kamu sakitin aku..lebih baik aku cari yang lain..”, “Cuma kamu yang terbaik buat aku..terima kasih km sudah sayang ama aku selama ini..”, dsb..
3.Manusia Tukang Ngeluh Ga pagi, ga siang, ga malem, ga dikasih ujan, ga dikasih panas, ga dikasih uang, ga dikasih makan, pokonya semuanya dia keluhkan.. contoh : ” Jakarta maceeet..!! Panas pula..”, “Aaaargh ujan, padahal baru nyuci mobil..sialan. .!!”, “Males ngapa2in.. cape hati gara2 si do’i..”, dsb..
4.Manusia Sombong Mungkin beberapa dari mereka ga berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel.. contoh : “Otw ke Paris ..!!”, “BMW ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang..”, dsb..
5.Manusia Puitis Dari judulnya udah jelas. Status nya selalu diisi dengan kata2 mutiara, tapi ga jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyi nya? atau cuma sekedar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan. . contoh : “Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan”, “Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi”, “Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu”, dsb…
6.Manusia in English Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa Inggwis Gicyu Low.. contoh : “Tie and Chair..”, “I can tooth, you Pink sun..” dsb..
7. Tipe alay… updatenya gaul2… dan bahasa dewa.. ejaan yang dialaykan.. contoh..” met moulnin all… pagiiieh yg cewrah… xixiixi” << style="font-weight: bold;">8. Tipe obsesi… ngarep… tp ga kesampaian.. pengen jd artis ga dapat2.. dll.. contoh : :duwh… sesi pemotretan lagi! cape…
9. Tipe Sok tau.. sotoy tenarnya.. contoh : pemerintah selalu memanjakan rakyatnya.. bla…bla… bla. .. pdahal ga tau apa yang ditulis..
10. Tipe bioskop mania… update film yang abis ditonton dan kasih comment.. contoh : ICE AGE 3..REcomended! !
11. Tipe pedagang: contoh: “jual sepatu bla bla bla” 12. Tipe penyuluh masyarakat: contoh: “jangan lupa dateng ke TPS, 5 menit utk 5 tahun bla..bla”
13. Pengguna Facebook Tipe Kaskuser baru online ‘PERTAMAXXXX GAN!’….
1 menit lagi ‘kalo berkenan cendolnya donk gannn’…. 1 jam lagi ‘aduh sial gagal pertamax di trid sendiri’…. … beberapa jam lagi ‘YES GW UDAH ISO2000′, trus nawarin ‘bagi2 cendol gratiss di kaskus ngerayain ISO ‘ kalo online pagi ‘pagi2 enaknya ngaskus gan!’, ‘tidur telat bangun pagi2 nyalain komputer ngaskus lagi’
14.Manusia Alay …(nggak jelas maunya apa). Ada berbagai macam versi, dari tulisannya yang aneh, atau tulisannya biasa aja, hanya saja kosakata nya ga lazim..ato mungkin ada yg fusion…, biasanya ABG yg doyan begineehh.. Alay 1 : “DucH Gw4 5aYan9 b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aL!n akYu ya B3!bh..!!” Alay 2 : “km mugh kog gag pernach ngabwarin aq lagee seech? kmuw maseeh saiangs sama aq gag seech sebenernywa? ” Alay 3 : “Ouh mY 9oD..!! kYknY4w c gW k3ReNz 48ee5h d3ch..!!” (Khusus buat tipe ini, ga usah di baca juga gpp…) 15.Tipe Hidden Message Tipe ini biasanya ga to the point, tapi tentunya punya niat biar orang yg dituju membaca nya..bagus2 kalo baca..kalo ngga? kelamaan nunggu, padahal langsung aja sms ya.. contoh : “For you my M***, I can’t live without you..you are my bla bla bla..”, “Heh, cewe bajingan..ngapain lo deket2in co gw?! kyk ga laku aja lo..” <<< (padahal ce tersebut ga jadi friend nya..mana bisa baca..) 16.Tipe Misterius Tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya tanya atas apa maksud dari status orang tersebut..Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkan Subjek + Predikat + Objek + Keterangan.. Tapi orang tipe ini mungkin hanya mengambil beberapa atau malah hanya 1 saja…Dan pastinya mengundang kontroversi. . contoh : “Sudahlah..” , “Telah berakhir..” <<< (apanya??), “Termenung.. .” 17.Tipe males Saking malesnya, gak pernah / jarang update status
Diposting oleh
@ Rusma_Site
, Jumat, 19 Februari 2010 at 18.42, in
Label:foto
Tipe Manusia
Setiap individu sebaiknya mengenali dirinya termasuk tipe kepribadian dasar yang mana, apa kelebihan dan kekurangannya.
Pengenalan tipe kepribadian akan membuat orang lebih mudah berinteraksi dengan orang lain, sekaligus bisa lebih memahami dirinya sendiri.
Personality atau kepribadian itu hanya salah satu unsur dari perilaku. Selain kepribadian, perilaku seseorang itu juga dipengaruhi oleh fungsi yang beragam, dan lingkungan yang juga berbeda-beda. Kalau fungsi dan lingkungan, banyak sekali variasinya, seperti pola asuh, budaya, pendidikan agama, dan umur. Maka kepribadian itu seperti anatomi tubuh, ada wujud alamiahnya dan unsur genetiknya.
Pengenalan tipe kepribadian akan membuat orang lebih mudah berinteraksi dengan orang lain, sekaligus bisa lebih memahami dirinya sendiri.
unsur genetika itu tidak hanya diturunkan orangtua pada ciri fisik anak, tetapi juga pada kepribadiannya. Jadi, kepribadian yang muncul pada diri anak sebenarnya merupakan "cermin" dari orangtuanya.
ada empat tipe kepribadian dasar yaitu: Sanguinis (kepribadian populer), Koleris (kepribadian kuat), Phlegmatis (kepribadian damai), Melankolis (kepribadian sempurna).
Masing-masing tipe kepribadian itu punya kelebihan dan kekurangan. Misalnya, orang bertipe kepribadian Sanguinis biasanya ekspresif dan suka bicara, sedangakan orang Koleris umumnya impulsif dan suka mengontrol. Adapun orang yang berkepribadian Melankolis biasanya menghendaki segalanya sempurna, dan orang Phlegmatis cenderung lebih santai dan cinta damai.
"Tujuan utama orang Sanguinis adalah populer, sedang orang Melankolis suka bekerja secara kronologis dan sempurna.
Namun ada pula individu yang berkepribadian campuran dari tipe-tipe dasar tersebut. Misalnya, berkepribadian campuran tipe Sanguinis dan Koleris dengan ciri, antara lain mudah bergaul dan optimistis, atau campuran antara Phlegmatis dan Melankolis yang menghasilkan individu dengan cara bicara lembut dan tidak pemarah.
"Setiap individu sebaiknya mengenali dirinya termasuk tipe kepribadian dasar yang mana, apa kelebihan dan kekurangannya. Setelah memahami diri, biasanya orang akan dengan mudah pula memahami kepribadian orang lain. Dengan demikian, kemungkinan konflik bisa dijauhkan
Dari sini Anda akan mengetahui apakah Anda :
> Seorang Sanguinisyang spontan, lincah, dan periang
> Seorang Melankolisyang penuh pikiran, setia, tekun
> Seorang Kolerisyang suka petualangan, persuasif, percaya diri
> Seorang Phlegmatisyang ramah, sabar, puas
atau perpaduan dari sifat-sifat di atas.
Anda juga akan mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menggunakan aset anugerah Tuhan yang unik ini untuk mendatangkan keserasian dalam semua hubungan Anda. Florence Littauer menjelaskan : ”Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak dengan cara seperti yang kita lakukan, kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita, dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain.”
Begitu Anda memahami bagaimana cara mengeluarkan apa yang terbaik dari diri Anda, Anda akan mendapatkan bahwa orang lain juga kelihatan lebih baik. Temukanlah orang yang selalu Anda inginkan untuk menjadi Kepribadian Plus.
Tidak Ada Dua Orang yang Sama Kalau kita semua seperti telur yang identik dalam sebuah karton, seekor ayam betina raksasa bisa menghangatkan kita dan mengubah kita menjadi anak ayam yang manis/ ayam jago yang gagah dalam sekejap mata, tetapi kita semua berbeda. Kita semua dilahirkan dengan rangkaian kekuatan dan kelemahan kita sendiri, dan tidak ada rumus ajaib yang bisa bekerja seperti mukjizat bagi kita semua. Sebelum kita mengenal keunikan kita, kita tidak bisa memahami bagaimana orang bisa duduk dalam seminar yang sama dengan pembicara yang sama dalam jumlah waktu yang sama pula dan semuanya mencapai tingkat sukses yang berbeda-beda.
Kepribadian Plus melihat kepada diri kita masing-masing sebagai individu yang merupakan campuran dari empat watak dasar dan mendorong kita untuk mengenal saya yang sesungguhnya dari dalam sebelum berusaha mengubah apa yang tampak pada permukaan.
Kepribadian Sanguinis "Populer" ( Ekstrovert – Membicara – Optimis ) 1. Kekuatan Emosi Sanguinis Populer Kepribadian yang menarik, suka berbicara, Menghidupkan pesta, Rasa humor yang hebat, Ingatan kuat untuk warna, Secara fisik memukau pendengar, Emosional dan demonstratif, Antusias dan ekspresif, Periang dan penuh semangat, Penuh rasa ingin tahu, Baik di panggung, Lugu dan polos, Hidup di masa sekarang, Mudah diubah, Berhati tulus, Selalu kekanak-kanakan.
2. Sanguinis Populer di Pekerjaan Sukarelawan untuk tugas, Memikirkan kegiatan baru, Tampak hebat di permukaan, Kreatif dan inovatif, Punya energi dan antusiasme, Mulai dengan cara cemerlang, Mengilhami orang lain untuk ikut, Mempesona orang lain untuk bekerja
3. Sanguinis Populer Sebagai Teman Mudah berteman, Mencintai orang, Suka dipuji, Tampak menyenangkan, Dicemburui orang lain, Bukan pendendam, Cepat minta maaf, Mencegah saat membosankan, Suka kegiatan spontan.
4. Sanguinis Populer Sebagai Orang Tua Membuat rumah menyenangkan, Disukai teman anak-anak, Mengubah bencana, menjadi humor, Merupakan pemimpin sirkus
1. Emosi Melankolis Sempurna Mendalam dan penuh pikiran, Analitis, Serius dan tekun, Cenderung jenius, Berbakat dan kreatif, Artistik atau musical, Filosofis dan puitis, Menghargai keindahan, Perasa terhadap orang lain, Suka berkorban, Penuh kesadaran, Idealis
2. Melankolis Sempurna di Pekerjaan Berorientasi jadwal, Perfeksionis, standar tinggi, Sadar perincian, Gigih dan cermat, Tertib dan terorganisasi, Teratur dan rapi, Ekonomis, Melihat masalah. Mendapat pemecahan kreatif, Perlu menyelesaikan apa yang dimulai, Suka diagram, grafik, bagan, daftar
3. Melankolis Sempurna Sebagai Teman Hati-hati dalam berteman, Puas tinggal di latar belakang, Menghindari perhatian, Setia dan berbakti, Mau mendengarkan keluhan, Bisa memecahkan masalah orang lain, Sangat memperhatikan orang lain, Terharu oleh air mata penuh belas kasihan, Mencari teman hidup ideal.
4. Melankolis Sempurna Sebagai Orang Tua Menetapkan standar tinggi, Ingin segalanya dilakukan dengan benar, Menjaga rumah selalu rapi, Merapikan barang anak-anak, Mengorbankan keinginan sendiri untuk yang lain, Mendorong intelegensi dan bakat.
1. Emosi Koleris Kuat Berbakat pemimpin, Dinamis dan aktif, Sangat memerlukan perubahan, Harus memperbaiki kesalahan, Berkemauan kuat dan tegas, Tidak emosional bertindak, Tidak mudah patah semangat, Bebas dan mandiri, Memancarkan keyakinan, Bisa menjalankan apa saja.
2. Koleris Kuat di Pekerjaan Berorientasi target, Melihat seluruh gambaran, Terorganisasi dengan baik, Mencari pemecahan praktis, Bergerak cepat untuk bertindak, Mendelegasikan pekerjaan, Menekankan pada hasil, Membuat target, Merangsang kegiatan, Berkembang karena saingan.
3. Koleris Kuat Sebagai Teman Tidak terlalu perlu teman, Mau bekerja untuk kegiatan, Mau memimpin dan mengorganisasi, Biasanya selalu benar, Unggul dalam keadaan darurat.
4. Koleris Kuat Sebagai Orang Tua Memberikan kepemimpinan kuat. Menetapkan tujuan, Memotivasi keluarga untuk kelompok, Tahu jawaban yang benar, Mengorganisasi rumah tangga.
1. Emosi Phlegmatis Damai Kepribadian rendah hati, Mudah bergaul dan santai, Diam, tenang, dan mampu, Sabar, baik keseimbangannya, Hidup konsisten, Tenang tetapi cerdas, Simpatik dan baik hati, Menyembunyikan emosi, Bahagia menerima kehidupan, Serba guna
2. Phlegmatis Damai di Pekerjaan Cakap dan mantap, Damai dan mudah sepakat, Punya kemampuan administratif, Menjadi penengah masalah, Menghindari konflik, Baik di bawah tekanan, Menemukan cara yang mudah.
3. Phlegmatis Damai Sebagai Teman Mudah diajak bergaul, Menyenangkan, Tidak suka menyinggung, Pendengar yang baik, Selera humor yang menggigit, Suka mengawasi orang, Punya banyak teman, Punya belas kasihan dan perhatian
4. Phlegmatis Damai Sebagai Orang Tua Menjadi orang tua yang baik, Menyediakan watku bagi anak-anak, Tidak tergesa-gesa, Bisa mengambil yang baik dari yang buruk, Tidak mudah marah.
Demikian 4 karakter dasar yang telah ditemukan oleh Hipocrates 400 tahun SM, dengan harapan anda yang telah membaca artikel ini dan memahaminya anda dapat mengetahui karakter anda dan anda dapat mengerti karakter orang-orang terdekat anda (teman, keluarga, pacar, dll) sehingga anda dapat menyesuaikan diri dan anda tahu bagaimana cara menghadapi tipikal dari 4 karakter yang berbeda tersebut dengan cara yang berbeda-beda pula.
Hati : Kaulah yang telah menyeretku pada kebinasaan dan mengakibatkan penyesalan karena aku mengikutimu beberapa saat saja..
Mata : Bukankah kau yang menzhalimi aku sejak awal hingga akhir. Kau kukuhkan dosaku lahir dan bathin, sedangkan aku hanyalah utusanmu yang selalu taat, dan hanya sebagai penuntun yang menunjukkan jalan kepadamu..
Limpa : Kalian berdua saling bahu membahu dalam bencana untuk menghancurkan dan membunuhku, begitu pula dalam kenikmatan dan kesenangan. Mata menyerap kesenangan dan hati bernafsu serta selalu berangan-angan, sedangkan aku bagaikan korban yang teraniaya karena kalian berdua tidak tunduk kepada pencipta...jika mata ta’ kuasa menundukkan pandangan dan hatipun ta’ kuasa menahan hawa nafsu, maka jangan harap ada ketenangan diantara kalian berdua..
Semakin ramai…^^
Jasad : Wahai ruh, engkaulah yang menggerakkan aku, menyuruh dan membalikkan aku, jika tidak begitu, tentu aku tidak akan bergerak dan berbuat yang tercela itu..,
Ruh : Engkaulah yang makan, minum, bergembira, dan merasakan kenikmatan. Maka wajarlah jika engkau yang lebih layak tuk merasakan siksaan atas perbuatanmu..
Download Wordpress Theme "Web Universitas 1"
-
Theme Wordpress Web Universitas,
Wordpress Theme Web Universitas 1 dirancang khusus untuk website
universitas, dapat juga digunakna untuk website fakultas,...
-
Memberi dan MenerimaMereka yang dapat memberi tanpa mengingat, dan menerima
tanpa melupakan akan diberkati.
Blessed are those that can give without remembe...
Sidang Skripsi Mahasiswa
-
Kepada Seluruh Mhs./(i) PS Pend. Matematika diumumkan bahwa sidang skripsi
Insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Juli2009. Semua berkas
sidang...
PALESTINA
-
Tanah Palestina, khususnya Yerusalem, adalah suci untuk orang-orang Yahudi,
Nasrani, dan Muslim. Alasannya adalah karena sebagian besar nabi-nabi Allah
yan...
Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.